5 TIPS IBU RUMAH TANGGA TETAP PRODUKTIF

5 TIPS IBU RUMAH TANGGA TETAP PRODUKTIF 

Oleh. BintuZen




Adakah bunda disini yang full time stay at home? Bagaimana cara bunda agar senantiasa bisa menjaga kewarasan disela-sela kesibukan mengurus rumah tangga? Disini, saya ingin sekali berbagi sedikit tentang tips agar tetap produktif meski hanya dari rumah. Karena dengan kesibukan bunda dalam berkarya, tentunya sedikit banyak akan menghilangkan perasaan jenuh yang kerap kali membayangi.


  1. Beralih ke pola hidup sehat.

Agar bunda senantiasa fit dalam beraktivitas, salah satu caranya adalah dengan bersegera memperbaiki pola hidup yang kurang sehat menjadi lebih sehat. Tentunya agar nantinya, kesibukan baru bunda tidak terganggu dengan penyakit yang bisa kapan saja menyerang. Lagi pula, kesehatan merupakan aset paling mahal yang kita miliki bukan?


Jadi bun, bagaimana caranya?


  • Istirahat cukup minimal pada pukul 21.00 s.d pukul 13.00 saat malam hari dan meluangkan 30 menit di siang hari, asalkan berkwalitas bisa menghasilkan badan yang lebih prima.

  • Bangun lebih pagi di sepertiga malam juga membantu mempersiapkan otak agar bekerja lebih optimal dan maksmial.

  • Olahraga dan konsumsi nutrisi sehat secara rutin akan menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran bunda yang tentu membutuhkan energi lebih banyak.


  1. Jangan berhenti belajar.

Menuntut ilmu sampai ke liang lahat walau sampai ke negri cina. Begitulah kiranya jika kedua pepatah tersebut akhirnya menancap terus dari dalam hati kita. Lalu, bagi bunda yang ingin senantiasa bertambah wawasannya hendaklah :


  • Dengan terus membaca, bunda bisa menambah perbendaharaan kata dan pengetahuan tak terbatas.

  • Tetap menulis walau hanya satu ayat (bait), tulislah untuk mengikat ilmu dan mengembangkan gagasan.

  • Peka dalam menangkap ide tentunya akan membuat jemari semakin lemas dalam membagikan pengalaman yang dilewati.


  1. Hijrah ke lingkungan yang lebih baik.

Merupakan salah satu faktor penentu bagi seorang ibu jika mengharapkan perbaikan aktivitasnya di dalam rumah adalah dengan mendekatkan diri pada komunitas. Disanalah akan mendapatkan berbagai kegiatan yang membuat bunda semakin berkembang, seperti :


  • Mengasah hobi, passion, bakat maupun skill diri yang barangkali terpendam sejak lama.

  • Memotivasi bunda agar segera action dalam berkarya tanpa tapi dan nanti.

  • Terbiasa sharing dan memperluas jaringan sosial ke lingkup yang lebih luas lagi.


  1. Berikan jeda sejenak diantara kesibukan.

Jangan terus-menerus memaksakan diri untuk tetap bergerak, dengan memberikan jeda maka bunda akan mundur selangkah untuk menatap masa depan yang lebih cerah. Caranya adalah :


  • Memberikan space bagi diri sendiri dengan me time. Lagi-lagi sangat manjur untuk mencharger baterai yang terkadang sedang drop.

  • Melakukan evaluasi harian setiap akan mengakhiri kegiatan sangatlah efektif untuk memperbaiki kekurangan yang telah dilewatkan hari itu.

  • Mempersiapkan planning harian juga ampuh dalam memperbaiki manajemen waktu yang terkadang melalaikan bunda.


  1. Reward dan punishment bagi diri sendiri.

Selain keempat poin diatas, memberikan sebuah penghargaan atau hukuman bagi kita sangat berdampak besar apalagi bunda yang masih sering moody. Ini contohnya :


  • Saat bunda sedang naik semangatnya dan mendisiplinkan diri dengan baik, reward kecil dan sederhana tak perlu sesuatu yang mahal bisa kita usahakan. Semisal, memanjakan diri atau berbelanja.

  • Namun saat rasa malas dan turun semangat, bunda juga bisa menghukum dengan kegiatan yang tetap bermanfaat. Contohnya dengan membersihkan gudang atau berolahraga lebih keras.

  • Berusaha melakukan hal-hal sepele namun konsisten dan kontinyu akan membawa bunda pada reward yang lebih besar, jadikan itu sebuah pelecut yang setiap hari membuat hari-hari semakin lebih produktif.


Demikianlah bunda, sedikit paparan sharing singkat saya hari ini. Semoga semakin menambah wawasan dan membantu banyak ibu rumah tangga yang sedang mengabdikan diri pada keluarga, tetap berkarya sekecil apapun walau hanya dari rumahnya saja. Percayalah bun, dari hal kecil yang dilakukan dengan sepenuh hati dan telaten setiap hari pasti akan berdampak besar membawa kebermanfaatan yang semakin luas. Jangan pernah merasa minder, karena ibu rumah tangga merupakan pahlawan keluarga. 


Always be Happy and Creative Mom!

(Tulisan ini diikutsertakan dalam blog challenge Indscript Writing ‘Perempuan Menulis Bahagia’)

Comments

Popular Posts