BELAJAR DARI BTR



By Erol Fatimah

Ketika ada salah satu member yang cerita, kalo sering keep di supplier tapi barang terlanjur transfer semua walau dikirimnya nunggu banyak hemat ongkir dan setelah barang ready setelah info semua reseller maupun custmer tapi mereka bayarnya selalu molor molor kebanyakan yang lama blm di ambil uda masuk orderan lagi otomatis beliau keluar uang lagi buat keep di supplier.
Jadi saya harusnya gimana agar beliau ndak bingung muterin modal🀣
Beliau sering kesulitan memutar modal karena keep yang lama lama padahal orderan terus datang 😡‍πŸ’«

Dan dijawab tegas oleh mbak Erol untuk jangan pernah keep barang kalau reseller / customer belum transfer. NO WAY ❌

Jangan pernah mau nalangin lah intinya ada uangnya ya baru dikeep ke pusat. Kalau gak ada uangnya ya biarin aja, ngapain pusing-pusing nalangin barang orang?
Yang lama belum dibayar oleh reseller / customer, jual sendiri aja kita iklanin. Batasin waktunya. 1 hari gak diambil, dijual ke umum. Terus, karena pada kabur takut jualanmu menurun begitu? Akhirnya mengorbankan diri nalangin barang orang?
Ingat nih, keep ya kudu siap bayar, gak dibayar ya NO KEEP ❌

Kita leader, aturan harus begitu. Reseller / customer mau kabur, gak masalah.. yang penting kita gak dirugikan.

Misal mereka mau order ke tempat lain juga silahkan. Yang penting uang kita harus utuh, barang tetep utuh.
Tahu gak darahnya bisnis itu apa? : UANG CASH πŸ’°

Mb Erol lebih baik bisa jual 10pcs lunas semua cash daripada 100pcs tapi yang 90pcs customer/reseller ngutang. 🀦🏼‍♀️

Laris boleh tapi YANG ADA UANGNYA.. bukan laris tapi gak ada uangnya…
Semua produk yang beliau jual, entah itu harga jutaan 1pcsnya, entah itu ratusan ribu 1pcsnya, meski PO dan barang readynya 3 bulan lagipun, beliau akan mintain uang di depan, jadi nanti kalo barang ready ya tinggal duduk manis dan mereka terima barang. 

Gak kerja 2x, barang ready langsung jumpalitan nagih sana sini. Ngapain buang waktu yang harusnya waktunya buat fokus jualan barang yang lain dan narik customer lain tapi malah masih berkutat sama barang yang belum diselesaikan pembayarannya? πŸ€”
 
Caranya beliau ke supplier gitu, meski supplier nih tiap PO kasih 50%, mb Erol selalu bayar full di depan, tentunya setelah reseller / customer lunas baru di pesankan. 🀝

Beliau paling malas kalo harus transfer uang 2x, bayar di depan, tinggal nunggu barang ready πŸ˜‡

Belajar dari beliau tuh dulu banget 2017 awal bangun tim reseller, semua tim reseller gemblengan dia yang diajarin untuk selalu siapkan uangnya jika mau setor form order. Jangan pernah kirim FO jika gak ada uangnya (customer belum bayar)

Pada suatu ketika, ownernya punya banyak reseller tapi udah gak mau bina lagi, jadi semua timnya dibagi ke agen-agennya.. πŸ‘‡πŸΌ

Nah, ada jebolan reseller dari owner yang dipikir udah paham dan bertanggungjawab, jika setor FO artinya siap bayar. Makanya langsung dinaikkan ke pusat, tho dia mantan reseller pusat.

Eh ternyata dia gak bayar, hingga hari ini udah 5tahun. Pas kalo ditanya tuh dulu, dia bilang customer udah bayar tapi uangnya dicek gak masuk, dia gak ada tanggungjawabnya dan gak bayar barang yang dia pesan. πŸ₯Ή

Ketika follow up reseller gak mau bayar juga, nunggu sampai berbulan2, akhirnya dihubungi customernya, si customer malah ngerasa dapat barang gratis, baru nanya2 udah dikirim baju..

Dalam hal ini bukan salah customer, tapi reseller yg gak amanah dan gak punya tanggungjawab. 

Dan, tentunya sejak itu beliau gak pernah mau lagi lah yah percaya sama orang, meski dia dekat dengan owner, merasa dekat dengannya atau siapapun.. ❌

BISNIS = BISNIS

Harus saling amanah, dan jaga2 takut ada yang menyepelekan amanah/ ingkar dari kesepakatan, kita yang jaga-jaga agar tidak sampai terjadi.

Kalau mau kasih hadiah, atau bakti  sosial ya beda lagi… Mana bisa kita percaya ke orang lain sampai mau nalangin? Kita sendiri butuh uang untuk modal, untuk tabungan, dan kebutuhan lain… πŸ€—

Untuk apa pakai uang untuk nalangin barang yang kita gak pakai?

Solusi untuk teman-teman yang punya kasus serupa, 

πŸ‘‰πŸΌHari ini infokan buat yang gak bayar sampai 24 jam, barang siap dilelang dan jual ke orang lain. Gak usah terima alasan apapun.

Udah tegas aja, uang kita sendiri kok, yang rugi kita kalo mereka gak bayar. Yang berhak memutuskan adalah kita sendiri!

Ntar kalo ada yang kabur, atau gak amanah, keluarkan aja dari group..

Untuk apa dekat dengan orang-orang yang gak amanah? Jauh-jauh dari kehidupan kita dan remove aja mereka… ganti dengan reseller2 baru yg amanah ❤️

Gampang tinggal rekrut2 lagi. Gak masalah yang deket ama kita dikit tapi potensial dan amanah.

Resellernya gak pernah banyak lho, rata2 dalam 1 produk paling 100 reseller.  Itupun biasanya habis lebaran saring lagi πŸ‘πŸ»

❌Jangan sampai kita kerepotan dengan bisnis kita, bisnis itu harus mendatangkan uang bukan malah nambah beban.. Sepakat, ya? 

Semoga dimudahkan πŸ’

#bestinsight

Comments

Popular Posts